Sunday, January 15, 2023

Bijak Berbagi, DISINI dan SAAT INI

 

NRBNews (15/01) Nusa Dua. Bertempat di Vihara Buddhaguna Nusa Dua Bali, Ketua Dewan Pembina Yayasan Nawa Ratna Bali (NRB) yang juga seorang anggota Majelis Agama Buddha Theravada Indonesia (MAGABUDHI) Provinsi Bali Cabang Kota Denpasar -PMd. Singgih Prayitio, S.EAk., M.Pd.- berkesempatan untuk mengisi sesi Sharing Dhamma bertajuk "HERE AND NOW" -disini dan saat ini- sebagai bagian dari upaya pembinaan Umat Buddha di Pulau Dewata.

Pada kesempatan itu Romo Singgih (sebutan akrab Umat Buddha di Bali) memaparkan betapa pentingnya kita sebagai manusia untuk menikmati dan sekaligus menyadari bahwa kehidupan yang penuh damai adalah ketika seseorang menyadari dengan sepenuh hati bahwa hidup itu adalah saat-saat dimana timbul kesadaran yang mendalam pada saat ini dan disini, artinya seseorang tidak melekat lagi dengan masa lalu dan tidak khawatir akan masa yang akan datang.

Semenjak NRB kehilangan seorang Pembina yang disegani masyarakat Bali -Romo Eka Wiradarma, S.Pd.- pada (11/11/2022) silam, maka perubahan harus segera dilakukan pada "tubuh" NRB sendiri dengan menyusun "Formasi Baru" agar tetap terus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dalam dunia Pendidikan, Kemanusiaan, Seni dan Budaya dalam semangat "Berkarya Bersama Kita Bisa" yang menjadi "cambuk" bagi NRB untuk berkiprah di masa-masa yang akan datang tanpa lepas dari prinsip kolaborasi yang mutualisme dengan berbagai pihak yang berkompeten demi perkembangan Buddhasasana, dan terlebih lagi dalam upaya NRB untuk meningkatkan kualitas SDM Buddhis maupun Non-Buddhis di Provinsi Bali yang sudah barang tentu akan terus merambah ke seluruh penjuru Nusantara.

Pada sesi akhir dari Sharing Dhamma di Vihara Buddhaguna tersebut, Romo Singgih menyampaikan bahwa bekerjasama itu akan meringankan beban dan akan efisien dari segi waktu dan tenaga, termasuk dalam hal materinya. Oleh karena itu Beliau juga mengharapkan kepada umat yang hadir untuk berkenan membangun SDM di Bali bersama dengan NRB, Magabudhi, dan lembaga-lembaga lain yang mempunyai Visi dan Misi yang sama dengan berpedoman pada Buddhadhamma yang telah dibabarkan oleh Guru Agung Buddha Gotama secara gamblang dan lugas. Jadi "Mari Hidup Saat Ini dan Disini" pungkasnya. 
***NRB-4***

No comments:

Post a Comment