Saturday, December 18, 2021

Program S1 Pendidikan Keagamaan Buddha STAB Nalanda

STAB Pertama di Indonesia yang berdiri pada tahun 1988. STAB Nalanda merupakan salah satu Sekolah Tinggi Agama Buddha pertama di Indonesia.

PROFIL S1 PENDIDIKAN KEAGAMAAN BUDDHA
Program S1 Dharma Acariya didirikan pada tahun 1987, Program S1 Dharma Acariya memiliki mata kuliah yang terbagi dari Mata Kuliah Wajib Umum (WUM), Mata Kuliah Wajib Prodi (WPR) dan Mata Kuliah Pilihan (WPL).

Program Studi S1 Dharma Acariya telah di akreditasi oleh BAN-PT No.052/BAN-PT/Ak-XIV/SI/II/2012 pada tanggal 3 Februari 2012 dengan nilai akreditasi  B.

PROFIL LULUSAN
  1. Tenaga Pendidik Profesional pada jenjang TK/Nava Dhammasekha, SD/Mula Dhammasekha, SMA/SMK/Uttama Dhammasekha yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berdasar keilmuan, karakter, dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan Agama Buddha.
  2. Peneliti yang mampu menyelesaikan permasalahan dan menghasilkan inovasi pendidikan, sosial keagamaan Buddha yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan Agama Buddha.

SIKAP DAN TATA NILAI PROGRAM SARJANA
  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yamg Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga Negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semanagt kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
KETERAMPILAN UMUM
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahlian serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni;
  4. Mampu menyusun hasil kajian dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; (Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi);
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervise dan evaluasi pada pekerjaannya;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerja sama di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; dan
  10. Mampu mengimplementasikan hasil penelitian untuk tujuan pemecahan masalah sosial kemasyarakatan.
PENGUASAAN PENGETAHUAN
  1. Menguasai konsep dasar Agama Buddha yang bersumber pada Kitab Suci;
  2. Menguasai konsep teoretis bidang pendidikan dalam Kitab Suci Agama Buddha;
  3. Menguasai teori-teori pedagogik dan implementasinya dalam bidang pendidikan;
  4. Menguasai teori dan prinsip-prinsip psikologi perkembangan dan psikologi pendidikan;
  5. Menguasai prinsip pembelajaran tingkat prasekolah sampai sekolah menengah atas formal dan nonformal;
  6. Menguasai wawasan metodologi penelitian dan penulisan ilmiah dalam pendidikan keagamaan Buddha.

KETERAMPILAN KHUSUS
  1. Memiliki kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian, dan professional;
  2. Mampu memimpin ritual keagamaan Buddha dan mempraktikkan meditasi;
  3. Mampu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (Literasi ICT) yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan Agama Buddha;
  4. Mampu melaksanakan dan mengelola administrasi sekolah;
  5. Mampu melaksanakan dan memanfaatkan hasil penelitian bidang pendidikan agama, dan keagamaan Buddha;
  6. Memiliki kecakapan pemberdayaan masyarakat dalam bidang pendidikan Buddha.

INFORMASI LEBIH LANJUT TENTANG PROFIL KAMPUS DAN PROGRAM STUDI LAINNYA DAPAT DILIHAT DI WESBITE DIBAWAH INI:
https://stabnalanda.ac.id

No comments:

Post a Comment